The Help

  • Directed by  Tate Taylor
  • Cast : Emma Stone,Viola Davis,Octavia Spencer,Bryce Dallas Howard,Jessica Chastain,Allison Janney,Sissy Spacek

Berdasarkan buku terlaris karya Kathryn Stockett,The Help menutup summer 2011 dengan pencapaian luar biasa di US Box Office –menjadi runner up minggu pertama dan pemuncak selama 2 minggu berturut-turut mengalahkan beberapa film berbudget besar.Sekilas The Help tampak seperti film ringan adaptasi novel best seller seperti halnya Julie & Julia atau Eat,Pray,Love,tapi ternyata The Help mengajak kita kembali ke Amerika tahun 1960-an,berurusan dengan masalah serius yang pernah terjadi–rasisme di Mississipi,US.

Pertama kali kita diperkenalkan dengan Aibileen (Viola Davis),yang telah menjadi pembantu bagi kulit putih sejak berusia 14 tahun dan masih berduka atas kematian putra tunggalnya.Ia mencoba mengalihkan kesedihannya dengan membangun ikatan kasih sayang tulus untuk Mae Mobley,putri majikan mudanya, Elizabeth Leefolt (Ahna O’Reilly).Dan senantiasa menanamkan kalimat positif pada Mae :”kamu baik,kamu pintar,kamu penting”,walau dia tahu-saat anak kecil putih tumbuh dewasa-mereka memiliki kecenderungan berubah seperti ibu mereka.

Kemudian muncul Skeeter (Emma Stone) fresh graduated-baru saja kembali ke Jackson, yang segera sadar akan ketidakcocokannya atas sikap teman-temannya di Junior League yang terang-terangan merendahkan pembantu hitam mereka.Dikomandani Hilly Holbrook (Bryce Dallas Howard),sosialita putih dengan agenda membuat RUU yang mengatur para majikan kulit putih untuk memiliki toilet terpisah bagi pembantu hitam mereka karena Hilly percaya;kulit hitam akan membawa penyakit berbahaya bagi kulit putih.Hal ini membuat Skeeter berniat membuat buku tentang pengalaman pembantu hitam di Jackson-Mississipi dengan sudut pandang para pembantu.Ide ini membawa Skeeter pada Aibileen–yang awalnya enggan- sebagai sumber pertamanya.Yang kemudian merekrut Minny (Octavia Spencer),sahabat Aibileen-koki terbaik di Jackson- yang baru dipecat oleh Hilly dan diblack list oleh semua keluarga putih.Dari Minny,kita diajak mengenal Celia Foote (Jessica Chastain),majikan baru Minny-wanita blonde yang dianggap sampah putih dan juga diblack list dari pergaulan ibu-ibu muda kulit putih .

The Help mungkin bukan film yang sempurna untuk memotret ketegangan rasial di era hak sipil 1960an atau film bertema rasis lain seperti Crash atau Driving Miss Daisy,tapi ini jelas sebuah film dengan pesan kuat atas pemahaman rasial di masa lalu Amerika.Dengan mengambil nada yang jauh lebih ringan disertai momen-momen lucu,The Help justru lebih mudah mengikat penonton untuk terhubung dengan kisah di dalamnya. Walau tidak dipungkiri terdapat kekurangan disana sini,dari karakter yang klise,hingga ketidakakuratan sejarah, maupun subplot tidak penting tentang Skeeter dan pacar barunya.

Para pemain secara umum melakukan kinerja yang baik,dengan Viola Davis menjadi penampil terbaik untuk kinerja dramatis dan bersahaja lewat kedalaman tatapannya, yang secara nyata menjadi jantung film ini,sementara Octavia Spencer layak pujian untuk perannya yang lucu namun menyedihkan dan menjadi atmosfer lain untuk membuat tertawa.Pujian lain harus disematkan pada Jessica Chastain yang menunjukkan chemistry menarik bersama Spencer-dan mampu membuat karakternya terasa hidup tanpa terlihat komikal – jauh berbeda dari perannya di The Tree of Life.

Emma Stone hanya membuktikan bahwa dia lebih dari sekedar seorang aktris komedi yang baik – walau perannya adalah link lemah diantara yang lain.Sedangkan Bryce Dallas Howard menunjukkan bahwa dia layak mendapat peran di film yang baik ke depannya.Pertunjukan kecil para aktris senior di film ini juga tidak dapat diabaikan,Sissy Spacek-sebagai Ibu Hilly yang pikun dan Allison Janney sebagai Ibu Skeeter yang sakit kanker-berhasil memberikan yang terbaik dari waktu layar mereka yang terbatas,begitu pun Cicely Tyson .

Pada akhirnya,The Help bukan hanya sekedar permainan ansambel cast aktris yang sempurna,buzz telah menunjukkan film ini layak berada di nominasi Best Picture Oscar (setidaknya sampai saat ini).Viola Davis dan Octavia Spencer adalah yang paling berpeluang dinominasikan di kategori akting,dengan Davis sebagai lead-atau jika itu terlalu riskan untuk menang-dia bisa berkampanye untuk supporting.Dan mungkin Jessica Chastain juga – walau kansnya kecil – karena dia masih memiliki beberapa peran umpan Oscar lain hingga akhir tahun.Well,we’ll see.

Grade : B

17 thoughts on “The Help

  1. nina September 11, 2011 / 11:32 am

    jadi pengen nnton😦

    • Nugros C September 11, 2011 / 12:35 pm

      ini via dvd …^^
      munkin bntar lg uda ada link donlotnya,
      thx for visit..

  2. asyerarully September 11, 2011 / 11:42 am

    buku duankz pa? da jd film lom yakz??? crita apa ya?

    • Nugros C September 11, 2011 / 12:37 pm

      hehe,
      ini ane review filmnya mbak…
      klo bukunya,ane gtw uda ada di gramedia pa belom..^^

  3. Nisa Chibi September 12, 2011 / 1:31 pm

    hahaha, gaul man!
    ternyata ente cukup berbakat menulis review juga.. hehhe, lumayan lah..
    kayaknya film ini mengandung pesan dan pelajaran gitu ya?
    trus apa hubungane judul sama jalan ceritanye ha?

    • Nugros C November 4, 2011 / 2:46 am

      kan judulnya The Help ya intinya sperti yg ane tulis–tntang pembantu kulit hitam/negro di USA taun 60an dimana rasisme masih exis..

  4. egi September 28, 2011 / 2:09 pm

    wah reviewnya bagus lho gan saia malah gak bakat nulis review kayak gini, kekurangan agan cuma satu disini yaitu terlalu banyak spoiler, hebat 4 jempol buat agan

    • Nugros C November 4, 2011 / 2:59 am

      hihi,arigatou gan..
      sebenernya ga spoiler kok gan,
      itu ane ga ngasih plot scra pnjang lo..,cuma 1/4 awal aja malah, : )

  5. lussi November 18, 2011 / 10:10 pm

    jreenkk, request film korea doonngggg😀

  6. soeby December 1, 2011 / 2:01 pm

    Film yang inspiratif!

    • Nugros C December 23, 2011 / 3:53 pm

      thanks for checking,

      yeah,,,it’s One of the best female ensemble films I’ve seen. The movie has its faults but man did I enjoy the performances. I laughed and cried and that’s what I want when I’m spending my time to watch the movie

  7. Andy Putera January 1, 2012 / 12:10 pm

    jessica chastain rocks!!!

  8. iin January 5, 2012 / 4:32 am

    Sedih banget nntn film ini gara2 MAE MOBLEY! Apalagi pas mendekati ending. Huaaa. Jadi inget sama nanny gw waktu kecil. Gw kira filmnya bakal ngebosenin gaktaunya bs bikin gegetan jg hehe

  9. Budi Cahyono January 18, 2012 / 11:26 pm

    sangat heran kalo viola davis gak menang oscar, meski iron lady memang keren.

  10. hilmynur March 3, 2012 / 11:18 am

    Gak nyangka viola dapat bermain semenarik itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s