The Dark Knight Rises

  • Directed by Christopher Nolan
  • Cast : Christian Bale,Gary Oldman,Anne Hathaway,Tom Hardy,Joseph Gordon-Levitt,Michael Caine,Morgan Freeman,Marion Cotillard

Inilah film paling ditunggu para pecinta film seantero dunia tahun ini dan film kedua di daftar 10 Highly Anticipated Films of 2012 versi saya. Sebagai penutup trilogi Batman karya sutradara jenius Christopher Nolan setelah Batman Begins (2005) dan The Dark Knight (2008), film ini pun kembali meletakkan standar tinggi bagi film superhero lainnya. Kali ini Nolan memilih untuk mengakhirinya dengan yang paling gelap dan paling berpengaruh dari tiga film.

Delapan tahun pasca kisah The Dark Knight, kota Gotham berada dalam kedamaian. Batman telah menghilang dan dianggap penjahat, Bruce Wayne (Christian Bale)-orang dibalik jubah Batman-pun terus mengurung diri di kastilnya akibat rasa bersalah. Bruce yang telah melemahkan dirinya baik fisik maupun psikis, dikejutkan dengan datangnya pencuri wanita ulung, Selina Kyle (Anne Hathaway) di pesta yang diadakan di rumahnya. Ia membobol brankas dan mencuri kalung mendiang Ibu Bruce. Kaburnya Selina juga diikuti hilangnya seorang Senator yang datang di pesta itu.

Hilangnya sang senator menjadi fokus utama kepolisian Gotham yang dipimpin Komisaris Gordon (Gary Oldman). Pencarian senator berujung pada baku tembak di sebuah bar, hingga Gordon tertangkap para teroris bawah tanah dan dibawa kepada pemimpin mereka Bane (Tom Hardy). Penuh luka, Gordon berhasil melarikan diri dan mengutus anak buahnya, polisi muda-idealis John Blake (Joseph Gordon-Levitt) untuk memberitahu Bruce Wayne tentang Bane dan pasukan teroris bawah tanahnya. Bruce pun terpaksa kembali mengenakan kembali jubah Batman-nya, Ia mulai menyadari bahwa Bane bukanlah musuh biasa dan merupakan badai besar yang akan menghancurkan kedamaian Gotham.

Seperti dua film sebelumnya, kali ini pun Nolan tak hanya memanjakan penonton dengan adegan aksi dan sinematografi memukau namun juga dengan drama psikologi yang disisipi nilai politis serta penciptaan karakter yang kuat. The Dark Knight Rises juga tidak lupa menghadirkan momen-momen epik dan twist menarik khas Nolan yang akan membuat film ini menjadi akhir yang sempurna. Meskipun begitu, awal film ini yang merupakan pengenalan karakter-karakter baru terasa terlalu panjang, beberapa karakter juga tak jelas fungsinya.

Dari barisan akting, Christian Bale yang memang piawai bermimikri secara fisik, sukses menunjukkan kerentanan karakternya baik sebagai Bruce Wayne maupun Batman. Sir Michael Caine pun menunjukkan kualitasnya dalam satu adegan dramatis terbaik di film ini. Dua pemain senior lain seperti Oldman dan Freeman juga tampil gemilang. Sementara Tom Hardy juga benar-benar dapat menunjukkan kebrutalan dan superioritas fisik Bane, walau karakternya tidak se-psikotik Joker.

Namun yang paling mencuri perhatian adalah performa Anne Hathaway sebagai Selina Kyle atau Catwoman (walau sepanjang film tak ada yang menyebutnya Catwoman). Hathaway berhasil menampilkan sosok Selina yang berada dalam dilema moral film ini bertarung pada tepi benar dan salah. Kejutan lain juga datang dari Joseph Gordon-Levitt yang ternyata mendapat porsi banyak dalam kisah ini dan berhasil membawakan karakternya dengan amat berkesan. Marion Cotillard juga tidak kalah meyakinkan sebagai Miranda Tate, walau di awal hingga pertengahan film, karakternya terasa hanya mondar-mandir tidak jelas.

The Dark Knight Rises jauh dan jauh yang terbaik dari blockbuster musim panas ini dan film ini hanya keluar dari kelompok itu sejauh ini. Sangat menyedihkan bahwa pembukaan sesuatu yang begitu banyak penggemar menunggu ini ternoda oleh tindakan tercela dari individu gila di Colorado sana. Film ini mungkin tidak sempurna, tak sebaik The Dark Knight, tapi merupakan sebuah penutup yang sempurna bagi trilogi Batman Nolan. Dengan ini, Nolan tidak hanya menetapkan standar yang sangat tinggi bagi sebuah film superhero, namun juga telah membuat salah satu trilogi terbaik di jagad perfilman dunia.So,thank You,Chris . . .

Grade : A –

26 thoughts on “The Dark Knight Rises

  1. hilal July 24, 2012 / 9:58 pm

    saya sudah menunggu film ini sejak berbulan-bulan yang lalu!
    Dan hingga sekarang belum nonton😦

    • Nugros C July 28, 2012 / 7:29 pm

      buruan nonton gan…masih ada kok di 21 ,,^^
      not Perfect,but still Very Good

  2. Gogo July 29, 2012 / 8:47 pm

    so far.. trilogy superhero terbaik sepanjang masa..😀
    ane udah mengira smnjak ane terpesona oleh batman begins, nolan n bale bakal mampu menghadirkan batman dlh suasana lain yg lbh eksotis.
    then its true..

    • Nugros C July 30, 2012 / 6:05 am

      yup, Nolan emang brilian gan…
      dia tau gimana bikin film blockbuster tapi tetep punya pijakan cerita & karakter yg kuat.
      #colek Michael Bay (LOL)

    • Nugros C July 30, 2012 / 4:38 am

      hehe,wajib tonton ni mba..
      apalagi kalo emang uda ngikutin 2 film sebelumnya .. ^^

    • Nugros C August 4, 2012 / 4:30 am

      yup,ane bilang penutup yg ‘pas’ buat trilogi Batman -nya Nolan…^^

  3. dearmarintan August 3, 2012 / 9:15 am

    Gue dua kali nonton film ini dan tetap merasa TDK lebih baik, hehehe.. tapi gue setuju dengan penilaian lo bahwa Nolan udah netapin standar tinggi yang bakalan susah disaingin sama penerus film Batman ini.. anyway, gue berharap bisa ngeliat Robin lebih beraksi di sekuelnya (kalo ada dan kayaknya sih pasti ada ya, hehehe)…

    Thanks ya, Nugros, udah main ke blog personal gue.. gue juga suka banget nonton film, tapi untuk bikin movie blog ya baru banget, hahaha.. kalo sempet mampir ke link ini ya.. ini review pertama gue hehee, makasih😀

    http://cinemalone.wordpress.com/2012/08/02/review-the-double/

  4. Nugros C August 4, 2012 / 8:38 am

    Sebenernya ane ga begitu suka ngebanding-bandingin antara TDK sama TDKR,hehe
    tapi emang TDK dapet banget sih ya…yang lagi-lagi ga bisa lepas dari kinerja brilian Alm,Ledger…

    tapi teteplah TDKR penutup trilogi yang pas banget dari segi kisah maupun epic-nya,kaya yang ane bilang,sayangnya aga berantakan aja di awal-awal sampe pertengahan cerita…(munkin aga kurang editingnya kali ya..^^)

    *oke deh,ane mampir ke blog film nya….

  5. cumakatakata August 4, 2012 / 4:25 pm

    hmmmmm..
    belum nonton ampe sekarang gan………….

    • Nugros C August 4, 2012 / 8:19 pm

      emang agan lokasi dimana gan?
      ane liat kemaren masih diputer kok gan di 21…
      harus cepet2 liat deh gan…dijamin puas! ^^

      • cumakatakata August 4, 2012 / 10:37 pm

        sekarang dikediri gan….
        sebenarnya udah banyak yg ngajak…
        hampir 3 jam ya gan?

      • Nugros C August 4, 2012 / 10:58 pm

        iya gan..hampir sama lah durasinya ama The Dark Knight…
        tapi ga kerasa kok saking serunya,,^^

      • cumakatakata August 4, 2012 / 11:03 pm

        oke deh tar direncanain gan…

  6. sulunglahitani August 4, 2012 / 5:51 pm

    buah karya Nolan ga diragukan lagi, deh. selalu berkualitas. & saya paling suka dg unsur psikologis yg senantiasa disisipkan dalam film2nya.
    ahh, akhirnya ketemu jg sesama movie freak. salam kenal🙂

    • Nugros C August 5, 2012 / 7:33 pm

      salam kenal juga,
      itulah special-nya Nolan..dia bukan cuma ahli visual tapi juga jago bercerita,bisa bikin cerita dan karakter kompleks tapi tetep mudah diikuti…^^

      jadi penasaran sama proyek film dia berikutnya,can’t wait dah…

  7. kucingbelo August 6, 2012 / 11:49 am

    Satu hal yang paling bikin gue anti liat film-film Superhero adalah ketika sang tokoh tampil begitu kontras antara saat menjadi ‘pahlawan’ dan menjadi ‘manusia biasa’. Fokuspun terpusat ke manusia super ini, dia bisa melakukan apapun, dia digilai dan diidolakan seluruh dunia, yang bagi gue, wedeh… lebaiiiii deh ah bok. hehe. tapi di TDKR ini gue ngeliat adanya pesan bahwa ‘setiap orang punya potensi berbuat baik’, misalnya seorang Selina (sayangnya guw ga liat Anne cocok mainkan Selina atau cat woman selain Halle Berry) yang tadinya sinis dan apatis, jadi tergerak berbuat baik pada akhirnya. dan ini tidak dibangun secara tiba-tiba. jika diperhatikan, Nolan sudah membangun motivasi para tokoh sejak awal secara perlahan-lahan dan ini yang bikin ceritanya jadi semakin kuat. Meski, untuk bagian akting pertarungan, gue masih ngerasa dataaarrr banget dan kurang gereget daripada film action lainnya.. gak klimaks gitu deh. hehe..liat review gue juga – meski cuma sedikit- di http://utamidkusumawati.wordpress.com/2012/08/06/review-bangkitnya-batman/🙂

    • Nugros C August 7, 2012 / 6:43 pm

      itulah bedanya film superhero lain sama Batman -nya Nolan,
      Nolan membangun cerita dgn karakterisasi yg kuat dan dia tau mau dibawa kemana ceritanya—
      klo diperhatiin lagi trilogi Batman Nolan, semuanya manusia biasa, ga ada manusia super, ga ada mutan, ga ada orang kena radiasi ilmiah & jadi monster..

      Kalo soal Anne,wah..menurut ane mah dia jauh2 lebih baik lah daripada Halle Berry,hehe
      dia bisa nunjukkin Selina yg kuat, sexy, aga humoris tapi ambigu juga…
      (tapi klo ditanya siapa yg paling cocok, semua orang akan setuju Michele Pfeiifer masih tak tergoyahkan.. ^^)

  8. kinoir August 10, 2012 / 3:01 pm

    sy baru nonton filmnya 2 hari lalu nih. Kirain udah pada bubar soalnya uda lama filmnya diputer di bioskop, tp tetep aja rame, padahal ane nonton yang jam 10 malem. SEgitu kerennya imej filmnya (atau mungkin imej batman) dimata orang2.

    Filmnya bagus nih. Buat selera sy malah lebih bagus dari spiderman, lebih dewasa gt (gara2 karakternya juga bukan anak muda kyknya), tapi dua2nya bagus.

    Menit2 awal, pas drama dillema bruce wayne yang coba ditarik orang2 untuk kembali menjadi batman diputar, agak membosankan. Bahkan saya, entah bayangan saya aja ato gimana, bisa merasakan atmosfir bosan itu dari penonton-penonton sekitar saya yang sunyi.

    Tapi mulai momen ketika wayne udah jadi batman, abis itu dihajar ama BAne, wah, gila, filmnya mantep abis. Abis itu filmnya juga situasinya makin kritis ajah, bahkan seolah ga ada harapan bakal menang buat protagonisnya (khas Nolan). Cerita dibelokin tajem bgt, tapi bisa diterima. Misalknya pas dibilang klo bomnya cuman Dr. Pavel yg bisa nge-difuse, ternyata bisa pake mesin yg ada di underground itu. Di menit2 akhir ketika uda ga sempat buat bawa bomnya ke alat itu, tiba2 aja batmannya ngebawa bomnya pake pesawatnya (agak klise sih jalan keluarnya, tapi engga kepikiran sampe kesitu pas menonton filmnya krn filmnya terlalu yahud….Oke, tulisannya uda kepanjangan…

    • Nugros C August 11, 2012 / 7:18 pm

      thanks uda mampir gan…
      yup, khususnya trillogi Batman Nolan emang imej-nya lebih dewasa, ya bukan karena Batman-nya bukan remaja lagi ,hehe
      tapi emang Nolan meracik ceritanya ga se-sederhana film superhero lain, penjahatnya baik motif maupun karakternya juga dibikin sebagus mungkin dan ane bilang sih se-real mungkin
      (beberapa temen ane malah bilang ceritanya ‘berat’, tapi buat ane sih ga berat- cuma lebih serius & riil aja ceritanya)

      Kaya yg ane bilang di atas gan, awal2 film ini emang terlalu panjang , – padahal opening yang Bane mbajak pesawat uda keren banget euy
      ( beberapa part di awal ane pikir di-cut juga ga masalah sih buat keseluruhan cerita )

      tapi overall, mungkin karena ini bagian terakhir dari trilogi, jadi barangkali Nolan pngen bikin se-epic mungkin….dan buat ane..dia berhasil! hehe

  9. movieluthfi August 21, 2012 / 11:48 am

    Film nya emang bagus banget dengan twist ending yang sebenarnya udah bisa ditebak (kalo penggemar komik, soalnya mirip ending di komik The Dark Knight Return)
    Bagi saya selain Bale dan Hathaway, peran Michael Caine yang sangat epik, saat ia memutuskan untuk berhenti dari Wayne Manor itu adegan yang cukup emosional (gapapa spoiler ya :)).
    Sayangnya Morgan Freeman kurang banyak porsi adegannya jadi ga terlalu keliatan aktingnya dan Liam Nesson yang menurut saya ga ada juga gapapa. (mungkin bakal lebih dramatis kalo yang muncul suaranya aja, ga pake wujud. hehehe)
    menurut saya film ini menjadi akhir trilogi yang sangat pas dan keren.
    Ga ada rencana bahas tentang trilogi – trilogi terbaik bro?

    Terima kasih ya sudah berkunjung ke tempat saya🙂

    • Nugros C September 16, 2012 / 2:11 pm

      yup, twistnya emang uda cukup ketebak…apalagi beberapa bulan sebelumnya uda kesebar tuh foto2 Marion yg jalan sama pasukan Bane…^^
      Yup bener banget, Opa Caine nunjukkin kelasnya di adegan itu…yg di seri seri sebelumnya ga keliatan amat

      jujur aja ane malah kasian sama Josh Pence yg jdi young Al Ghul, di The Social Network,mukanya ditempelin muka Armie Hammer…eh, disini…cuma disorot dari belakang -ga diliatin mukanya ,cmiiw

      wah…belum berani gan bikin list2 begitu..ane masih proses juga kok jadi movie freak, LOL

  10. wildanrenaldi September 23, 2012 / 6:03 pm

    ini dia film paling terlaris diantara semua film batman yang udah beredar. sampai sekarang gw juga masih sering nonton filmnya. abis ada joker nya, terus aktingnya jg bagus.

  11. Hilman Manchunian October 9, 2012 / 9:21 am

    di 2012 memang kita disuguhkan rentetan film2 yang paling ditunggu2.
    TDKR, The amazing spiderman, the avengers, skyfall, madagascar 3, ice age 4, taken2. dan masih banyak lagi. yang paling saya tunggu2 ya TDKR ini. tapi sayang ekspektasi saya terhadap TDKR terlalu berlebihan, tadinya saya berharap bisa sehebat film sebelumnya.

  12. kupuungu October 18, 2012 / 8:47 pm

    qiqiqiqi wah si bro-nya… lagi suka ngerepiu pelmnya mbak Anne H. yaaa

    ini Best dah Movie nya, salah satu yg terBaik di 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s