Before The Devil Knows You’re Dead (2007)

  • Directed by Sidney Lumet
  • Cast : Philip Seymour Hoffman, Ethan Hawke, Marisa Tomei, Albert Finney, Rosemary Harris, Michael Shannon, Amy Ryan, Bryan F. O’Byrne
  • Ini adalah film pertama Sidney Lumet yang saya tonton, yang sayangnya merupakan karya terakhir sebelum akhir hayatnya. Dirilis tahun 2007, di akhir tahun film ini selalu muncul di daftar top 10 film terbaik 2007 para kritikus ternama. Yang mengejutkan, awards bagi film ini sangat minim sekali dan bahkan 0 nominasi Oscar. Kalau ada yang disebut underrated movie of the last decade, ini harus jadi yang pertama.

    Andy (Philip Seymour Hoffman) dan Hank Hanson (Ethan Hawke) adalah kakak beradik dari keluarga Hanson. Andy adalah seorang yang mapan secara finansial tapi ternyata memiliki masalah narkoba dan penggelapan uang di kantornya, Ia juga dipusingkan dengan istrinya, Gina (Marisa Tomei) yang ingin pindah ke Brazil. Sedangkan sang adik, Hank adalah baby sekaligus looser dalam keluarga, duda yang hidup kacau dan terjerat banyak hutang termasuk tunjangan untuk putrinya.

    Dihimpit tekanan finansial, Andy mengajak Hank untuk merencanakan perampokan toko berlian. Tak lain adalah toko berlian milik orang tua mereka sendiri , Charles (Albert Finnney) dan Nanette Hanson (Rosemary Harris). Andy membayar Hank untuk melakukannya dan meyakinkan bahwa tak seorangpun akan terluka atau dirugikan karena orang tua mereka akan mendapat asuransi dari berlian yang dirampok. Tapi tanpa konsultasi dengan Andy, di hari perampokan, Hank justru mengajak temannya penjahat betulan, Bobby (Bryan F. O’Byrne) yang membuat perampokan menjadi kacau. Bobby tewas sementara Ibu mereka- Nanette pun turut menjadi korban.

    Sidney Lumet membangun film perlahan tapi pasti, mengungkapkan motif para karakter sedikit demi sedikit. Untuk itulah Ia membuat plot film ini berjalan non- linear. Dibuka dengan kejadian perampokan , kemudian plot kembali ke beberapa hari sebelum perampokan – hari perampokan – hari setelah perampokan, dimana masing-masing babak juga memiliki sudut pandang orang yang berbeda yaitu Andy, Hank dan Ayah mereka Charles. Tapi tidak sulit diikuti kok, editingnya bekerja dengan baik. Walau IMHO sebenarnya struktur plot seperti itu tidak benar-benar perlu.

    Seperti reputasi populer Lumet, membawa akting terbaik dari orang-orang terbaik. Disini sekali lagi Lumet memunculkan ‘permainan terbaik’ dari cast-nya. PSH tampil over the top sebagai Andy , terlihat halus di awal kemudian berubah menjadi monster yang rusak secara moral. Sulit dipercaya performanya disini begitu diremehkan di award season. Tak kalah luar biasa adalah Ethan Hawke, melalui bahasa tubuh dan ekspresinya, Hawke menunjukkan Hank yang kacau dan menyedihkan, pecundang dalam keluarga yang tak berdaya dimanipulasi kakaknya. Dia membuat kita lupa bahwa ia adalah sosok charming dalam Before Sunset dan Before Sunrise.

    Di barisan pendukung, aktor legendaris Albert Finney tampil brilian sebagai suami dan Ayah putus asa yang tak siap kehilangan istri yang sangat dicintai. Hampir sepanjang film Ia selalu tampak melongo- mulutnya terbuka seolah menunjukkan kelelahan dan jiwa yang tercabik dari sosok Charles Hanson. Dan tentu saja ada Marisa Tomei yang mencuri perhatian dengan tampil topless hampir setiap kemunculannya. ^^ Tapi di balik itu Ia berhasil membuat Gina dipercaya sebagai sosok oportunis yang mencoba peduli tetapi hambar dan tidak tahu apa yang harus dilakukan.

    Meskipun tema film ini mengingatkan saya pada Fargo-nya Coen Brothers, tapi film ini tetap memiliki sentuhan ajaib Lumet dalam menunjukkan karakter yang akan dikenang lama bahkan jika kita tidak bersimpati sedikitpun pada mereka. Sebagai film terakhir Lumet, Before The Devil Knows You’re Dead mungkin tidaklah sebesar film pertamanya klasik 12 Angry Men, tapi ini adalah penutup karir yang layak , sebuah drama keluarga tragis dengan penampilan bintang dan penyutradaraan ahli, very well done.

    Grade : A-

    13 thoughts on “Before The Devil Knows You’re Dead (2007)

    1. tysonadhy November 17, 2012 / 5:40 am

      Is this a movie where Hoffman and Tomei made an ‘awkward’ naked scene ? Hahaha..

      this movie is pretty thrilling…

      • Nugros C November 18, 2012 / 4:31 pm

        definetely yes…
        haha–Marisa milf abis dah disini,
        dan PSH…for godshake, he is one of my favorite actor (ever) , but please don’t take off your cloth anymore…LOL

        yup, ni film tragis dan ironis

        • tysonadhy November 18, 2012 / 10:26 pm

          yep, i think he’s in his 40’s but his appearance is like a grandpa.. hahahaha

        • Nugros C December 1, 2012 / 6:41 pm

          haha–agak boros emang, dulu kirain dia seumuran Daniel Day Lewis ato Tom Hanks..ternyata sama Tom Cruise aja masih mudaan PSH banget..^^
          Tapi actingnya mantap gan, jadi supporting juga selalu bersinar..

    2. novry November 17, 2012 / 7:09 pm

      ditunggu sky fall nya gros hehe..

    3. Nizar November 23, 2012 / 4:23 pm

      Hai, saya dari Muvila.com boleh minta kontak emailnya gak? Kita mau kumpulin database movie blogger untuk kita undang ke acara kita yang terdekat untuk movie blogger. Langsung aja ya mention ke @nizarland atau email ke nizar@muvila.com biar saya bisa responnya cepet. Thanks anyway🙂

      • Nugros C December 2, 2012 / 5:51 am

        makasih udah mampir plus infonya gan,
        email segera meluncur…………..^^

    4. novembriawan November 24, 2012 / 8:57 pm

      kayaknya ngeri nih gros.,,,

      BTW, karena ente yahud nih soal repiew pilm2. gw mau nanya nih gros, film tahun baru ntar yg keren buat ditonton apaan nih? buat materi gw ntar pas mo beli dvd buat ngabisin malem taon baru…xexexe… :d

      • Nugros C December 8, 2012 / 3:26 pm

        ngeri sih engga, tapi emang keren sih…
        wah..buat taon baru , tergantung genre favorit ente apa gan…kayana kalo ane rekomend film2 di bawah 2007 juga bakal susah nyari dvd (bajakan)nya,keuali di glodok
        so, ane ksih beberapa dari 5 tahun ke belakang aja dah,hihi
        -Drive
        -The Social Network
        -Black Swan
        -Inception
        -District 9
        -The Wrestler
        -No Countr for Old Men
        -There Will Be Blood

    5. joegievano December 7, 2012 / 4:58 pm

      old skool style film noir yg udah jarang di bikin di era sekarang, sydney lumet will always be one of the best old skool director.

      • Nugros C December 15, 2012 / 4:05 am

        sayang banget apresiasi buat ni film minim banget waktu dirilis,
        yah..walau kritikus pada demen ma ni film,,
        Kalo tau Lumet mau wavat, mungkin ampas bakal ‘care’ sama ni film ^^

      • Nugros C January 16, 2013 / 10:04 pm

        recommend dah, kisah keluarga yg tragis😦
        thx uda mampir ^^

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s