FLIGHT

Robert Zemeckis's Flight

  • Directed by Robert Zemeckis
  • Cast : Denzel Washington, Don Cheadle, John Goodman, Kelly Reilly, Bruce Greenwood, Melissa Leo, Brian Geraghty, Tamara Tunie, Nadine Velasquez

Masih hangat di media kasus kecelakaan maut yang melibatkan anak pejabat di tahun baru kemarin, membawa ingatan kita ke beberapa kasus serupa sepanjang tahun 2012 yang biasanya karena pengemudi dalam pengaruh alkohol atau drugs (kata polisi sih si anak pejabat itu enggak). Well, kalau orang mabuk mengemudi mobil saja akibatnya fatal begitu, gimana kalau mengemudikan pesawat? Itulah yang diangkat dalam Flight- film terbaru sutradara Forrest Gump, Robert Zemeckis. Dari trailernya, tampak film ini ‘dijual’ sebagai film thriller tentang kecelakaan pesawat, tapi nyatanya ini adalah film drama tentang pria alkoholik yang dipaksa ‘berdamai’ dengan kecanduannya- yang tak lain adalah pilot pesawat naas yang jatuh ‘mungkin’ karena kelalaiannya.

Kapten Whip Whitaker (Denzel Washinton) adalah pilot yang akan menerbangkan pesawat komersil South Jet 227 dari Orlando ke Atlanta. Malam sebelum penerbangan, ia berpesta miras bersama Katerina Marquez (Nadine Velasquez), salah seorang pramugari. Saat penerbangan Ia juga sempat menyelinap untuk menenggak vodka dicampur jus jeruk. Ketika hampir mencapai Atlanta, tiba-tiba terjadi masalah dengan mesin pesawat yang membuat pesawat kehilangan kontrol dan meluncur tak terkendali. Di saat genting menantang maut itulah Kapten Whitaker melakukan tindakan ajaib untuk mencegah hal terburuk saat pesawat jatuh.

Berkat tindakan heroik Kapten Whitaker, dari 102 orang dalam pesawat, hanya 6 yang tewas. Whip Whitaker segera menjadi sensasi media nasional. Tapi reputasi heroiknya terancam ketika NTSB (National Transportation Safety Board) menyelidiki kecelakaan pesawat 227 dan telah melakukan tes toksikologi yang menunjukkan darahnya memiliki kadar alkohol tinggi dan kokain. Whip pun terancam menghadapi tuntutan hukum, dibantu sahabat sekaligus kepala serikat pilot Charlie (Bruce Greenwood) dan pengacaranya Hugh (Don Cheadle) mereka melakukan semua yang mereka bisa agar Whip terbukti tak bersalah sementara Whip harus menghadapi setan dalam dirinya sendiri untuk berhenti minum.

Denzel Washington in Flight

Sebagai film tentang alkoholik, film ini menggambarkan dengan sangat baik bentuk kecanduan alkohol. Adegan proses kecelakaan pesawat di awal film juga dieksekusi dengan intens dan menegangkan- yang cukup membuat penonton ‘mikir-mikir’ untuk naik pesawat. Tetapi setelah itu, script seperti kehilangan arah antara mau fokus pada kecanduan Whip atau usahanya menghadapi ancaman hukum. Karakter lain selain Whip juga tidak dimanfaatkan dengan baik, seperti karakter Nicole (Kelly Reilly) pecandu heroin yang menjadi teman serumah Whip pasca kecelakaan. Saya bahkan merasa karakternya bisa dihilangkan sama sekali dari film.

Flight tampak seperti one-man-show Denzel Washington yang kembali menunjukkan kualitasnya sebagai two-time Oscar Winner. Ia tampil dipercaya menunjukkan kompleksitas pecandu alkohol dengan sangat terkontrol sehingga tak tampak berlebihan. Dialognya selama adegan kecelakaan pesawat juga disampaikan dengan baik, ada sisi ketenangan pilot profesional namun tetap diwarnai sedikit rasa takut. Beberapa pemain pendukung tampil baik tapi tidaklah mengesankan, penampilan nama-nama sekelas Don Cheadle dan Melissa Leo terasa sia-sia disini. Seperti saya bilang di atas, sepertinya karakter lain tidak di-develop dengan baik.

Pada akhirnya Flight adalah film yang potensial menjadi film yang bagus, film ini tidaklah menghibur karena pada dasarnya ini bukan film thriller seperti yang dipromosikan. Sebagai sebuah drama, Zemeckis berhasil menampilkan studi karakter seorang alkoholik dengan sempurna, tapi sayangnya sedikit ceroboh dalam eksekusi cerita keseluruhan sehingga Flight tidak pernah sebagus penampilan kelas Oscar Denzel Washington di film ini yang kemungkinan besar akan membawanya kembali ke race Best Actor Oscar. Well, We’ll see.

Melissa Leo in Flight

Grade : B-

8 thoughts on “FLIGHT

  1. tysonadhy January 9, 2013 / 3:08 pm

    lagi ngejar review film2 Oscars kayaknya,…
    wew ! getting excited for the next 40 hours, Emma Stone and Ted are gonna announce it..

    • Nugros C January 10, 2013 / 3:41 am

      haha-ga ngejar juga kok, ya musim hujan gini kan emang banyak film-film oscar (maksud ane..summer-winter kalo di US🙂 )
      Iya tuh tumben ,biasanya kan yg ngumumin presiden AMPAS sama previous nominee/ winner

      • tysonadhy January 10, 2013 / 1:52 pm

        bakal lucu tapi, paling nggak, nggak cuma announce, fresh idea….whehehehehe

      • Nugros C January 10, 2013 / 9:11 pm

        udah keluar gan..Flight dapet original screenplay juga ternyata ^^
        and..Best Actress-nya Emanuelle Riva and Wallis..Oldest & Youngest Best Actress Nominees in history !

    • Nugros C January 10, 2013 / 8:46 am

      Iya gan, rilis akhir taun kemaren di US ^^

  2. Fariz January 12, 2013 / 6:16 pm

    Baru nntn setengah :p itu adegan kecelakaan pesawatnya keren (plus serem) haha bukan karena scene-nya over-the-top, tapi entah kenapa keliatannya nyata bgt

    • Nugros C January 12, 2013 / 6:54 pm

      iya scene pesawat-nya nampol banget, ga berlebihan kaya ‘film thriller beneran’, tapi malah lebih ngena efek ngerinya…
      Yg pasti jangan nonton ini kalo mau naik pesawat dalam waktu dekat😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s