CAPTAIN PHILLIPS

Captain Phillips 2013

  • Directed by Paul Greengrass
  • Cast : Tom Hanks, Barkhad Abdi, Barkhad Abdirahman, Faysal Ahmed, Mahat M. Ali, Michael Chernus, Catherine Keener

Berdasarkan kisah nyata pembajakan Kapal kargo AS – MV Maersk Alabama di lepas pantai Somalia tahun 2009 lalu. Captain Phillips menjadi doku-drama terbaru karya Paul Greengrass setelah United 93 beberapa tahun lalu yang kembali akan dipenuhi ketegangan tiada akhir dan pertempuran kecerdasan tentang perampasan dan kepemilikan. Semakin kita tidak tahu detil kisah pembajakan kapal kargo Maersk Alabama, semakin memukau film ini.

April 2009, Kapten Richard Phillips (Tom Hanks) memimpin pelayaran Maersk Alabama, kapal pemasok barang dan bantuan ke sejumlah negara miskin di Afrika yang berangkat dari Oman. Mau tak mau, kapal harus mengarungi lautan Somalia yang terkenal dengan aktivitas perompak lokal yang berbahaya. Di perjalanan, Kapten Phillips pun mengadakan simulasi dadakan untuk para awaknya jika kapal mereka dalam bahaya. Siapa sangka, simulasi itu akan segera menjadi kenyataan. Dua perahu motor perompak Somalia tengah mendekati Maersk Alabama. Kali ini Sang Kapten berhasil mengakali mereka dengan kecerdasannya.

Tetapi esoknya, mereka kembali dengan hanya 1 perahu berisi 4 orang dipimpin Muse (Barkhad Abdi) yang tanpa takut mulai menembaki kapal dan mencoba menghubungkan sebuah tangga besi ke tepi kapal, sementara Kapten Phillips dan krunya hanya bertahan dengan beberapa kembang api suar dan selang air tekanan tinggi. Sulit dipercaya tak ada senjata di kapal sebesar itu. (Well, saya baru tahu kalau hukum maritim melarang penggunaan senjata api di kapal kargo). Tak lama perompak berhasil menguasai kapal, Kapten Phillips memakai tiap strategi yang ia bisa untuk menjaga krunya aman. Hingga sebuah strategi yang ‘salah’, membuat sang Kapten terjebak dalam sebuah sekoci bersama keempat perompak Somalia, menjadi sandera dan harus berjuang untuk hidupnya.

Tom Hanks in Captain Phillips

Diadaptasi dari memoar A Captain’s Duty: Somali Pirates, NAVY SEALs, and Dangerous Days at Sea karya Kapten Phillips asli, Paul Greengrass dan scriptwriter Billy Ray memilih pendekatan berimbang dalam bercerita. Menampilkan latar belakang kehidupan para perompak sebagai warga miskin di desa nelayan Somalia- kurus dan mengunyah akar khat untuk menumpulkan rasa sakit dan lapar. Mereka ‘’terpaksa” menjarah kapal sebagai upeti untuk ‘bos’ kelompok pemberontak penguasa wilayah mereka. Greengrass efektif menunjukkan gambaran pemuda Somalia yang terjebak dalam situasi putus asa- tak banyak pilihan untuk kehidupan yang lebih baik.

Captain Phillips berjalan cepat, menampilkan sentuhan khas sang sutradara dengan shaky camera-nya, menambah intensitas realisme sekaligus sensasi klaustrofobia. Ketegangan mampu digeber stabil- memaksa penonton menahan napas sepanjang durasi sampai opsi militer tiba untuk membajak plot dalam nuansa tragedi, membawa klimaks akhir yang mengingatkan kita pada Zero Dark Thirty tahun lalu. Adapun, hal mengganggu dari film ini adalah adegan awal Kapten Phillips dan istrinya (Catherine Keener) menyetir ke bandara, percakapan mereka sangat tidak natural dan palsu. (what the heck..obrolan tentang dunia yang berubah semakin keras ?! )

Tom Hanks memukau sebagai Kapten Phillips. Matanya nyata mencerminkan kengerian korban teror fisik dan emosional. Lima menit terakhir film Ini adalah saat yang paling intens dan memilukan- seolah mengingatkan kembali kejayaan Hanks sebagai aktor kelas wahid di era 90an. Diantara para perompak Somalia, Barkhad Abdi sensasional sebagai Muse, kinerja sangat otentik yang mendominasi setiap adegan dan di beberapa kesempatan berhasil ‘mencuri’ film ini dari Hanks. Konfrontasi pertamanya dengan Hanks dalam kapal saat berkata “ I’m the captain now ” adalah sebuah kengerian nyata yang menjalar di layar.

Dengan durasi 2 jam lebih, Captain Phillips berjalan terasa begitu cepat dan ketat. Sementara film aksi lain diakhiri sorak-sorai kemenangan, film ini berakhir dengan cara berbeda. Sebuah adegan tak terlupakan yang akan dikenang sebagai puncak karier Tom Hanks. Greengrass berhasil membawa kisah nyata Kapten Phillips di layar perak dengan intens tanpa membuat film ini menjadi ‘propaganda heroisme Amerika’. Inilah sebuah potret mencekam dari ‘orang biasa’ yang dilemparkan ke dalam situasi luar biasa. Saya tidak akan terkejut kalau film ini ‘berbicara’ banyak di Oscar nanti. Well, we’ll see.

Barkhad Abdi in Captain Phillips

Grade : A-

10 thoughts on “CAPTAIN PHILLIPS

  1. Nina October 21, 2013 / 1:19 pm

    Deeuuh geregetan bangeeet gw dgn muse cs ini

    • Nugros C October 27, 2013 / 8:35 am

      iya sii..tapi setengah main kesana, mulai simpati juga ^^

  2. novry October 21, 2013 / 9:05 pm

    banyak kejutan nieh .. lg musim film bagus semua yg sebelumnya gak disangka..Rush..prisoners..sekarang si kapten.. pengen jajal juga si kapten esok..

    • Nugros C October 27, 2013 / 8:39 am

      must-watch deh,,
      tinggal nunggu 12 years a slave, AOC juga

  3. Daniel October 25, 2013 / 8:29 pm

    Jadi pengen nonton deh haha!

    • Nugros C October 27, 2013 / 8:37 am

      kirain udah nonton kau Bro Dan…
      wajib tonton deh…lama juga kan ga liat Hanks main maximal lagi ^^

  4. sari October 31, 2013 / 1:19 pm

    Recommended Film, dr awal sampe akhir adrenalin benar2 terpacu berasa terlibat dalam tiap scene …

    • Nugros C December 3, 2013 / 1:55 pm

      bener banget..khas Greengrass ini mah,
      apalagi ditambah efek kamera ‘goyang’ nya…hihi

  5. karamelkinema November 1, 2013 / 9:49 am

    Barkhad Abdi was goooood! But my heart still goes to Hanks, this is really his best performance in a while, so i welcome that so much! That part at the end just made me bawl like a baby😀

    • Nugros C December 17, 2013 / 5:06 am

      couldn’t agree more🙂
      Hanks gave a performance that’s not as showy as his past work but still packs a punch- subtle work from him.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s